Khasiat Madu Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Penyakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya iritasi pada bagian belakang tenggorokan yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Umumnya penderita radang tenggorokan ini akan mengalami rasa sakit di tenggorokan terutama pada saat menelan. Penyebab utama penyakit radang tenggorkan adalah bakteri yang disebut “Streptokokus grup A”.

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Bakteri ini lebih umum menyerang anak-anak dan remaja. Karena sistem imun yang dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan baru akan terbentuk saat dewasa. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa menyerang orang dewasa. Karena, bakteri Streptokokus grup A merupakan salah satu jenis bakteri yang sangat mudah menular. Penularan yang terjadi biasanya melalui kontak langsung dengan penderita atau udara yang bersumber dari penderita seperti batuk, bersin atau berbicara.

Selain lemahnya sistem imun ada faktor lain yang dapat memicu masuknya bekteri jenis Streptokokus grup A kedalam tubuh yaitu : dehidrasi atau kekurangan cairan, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, radang amandel, atau bahkan terlalu banyak minuman beralkohol.

Gejala Radang Tenggorokan

Jika orang mengalami radang tenggorokan yang di sebabkan oleh virus, kemungkinan tidak akan menimbulkan gejala yang serius. Beda halnya dengan radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Jika tidak ditangani dengan tepat infeksi bakteri ini akan menimbulkan gejala seperti : sakit di tenggorokan, terjadi perubahan suara, batuk, tenggorokan menjadi kering, demam tinggi, dan mudah lelah.

Jika tejadi gejala-gejala seperti itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Karena jika terus dibiarkan kondisi ini tentu akan sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berat. Salah satu solusi untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi madu.

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Berikut adalah penjelasan tentang khasiat madu dalam mengatasi radang tenggorokan :

Dari zaman dahulu Madu sudah banyak dipercaya dan digunakan sebagai alternatif pengobatan. Salah satu khasiat madu adalah untuk mengatasi radang tenggorokan. Kandungan alami berupa 181 jenis nutrisi dan zat antioksidan, mampu mengatasi dan membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan secara alami. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan madu sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal terutama untuk obat radang tenggorokan. Karena selain khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, madu juga sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

rikki