5 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

Berenang adalah salah satu olahraga yang disukai oleh banyak orang karena dilakukan di dalam air. Selain menyehatkan tubuh, olahraga renang sangat menari untuk dilakukan.

Menurut blog Sayanda, ternyata olahraga renang memberikan banyak sekali manfaat yang lebih baik dari olahraga yang dilakukan di darat.

Berikut adalah perinciannya:

5 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Renang

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga renang dan khasiatnya terhadap kesehatan tubuh manusia:

  1. Mengurangi Gejala Asma

Berbagai studi mengatakan bahwa olahraga renang dapat menyembuhkan orang yang menderita penyakit asma. Hal ini dikarenakan tekanan udara pada air jauh lebih tinggi dari udara dan berbagai macam pernapasan seperti mendengkur,asma, dan ngos-ngosan dapat disembuhkan.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Otot

Olahraga berenang dapat meningkatkan kekuatan otot dan masa otot sama seperti dengan olahraga mengangkat bebas.

Ketika olahraga darat hanya melatih salah satu bagian otot, olahraga renang dapat melatih seluruh tubuh secara keseluruhan, hal ini dikarenakan sewaktu berenang, Anda akan menggunakan seluruh bagian tubuh.

Setiap tendangan dan gerakan akan meningkatkan kekuatan dan masa otot.

Selain itu zat air lebih padat dari zat udara hingga 12x jadinya Anda akan terasa lebih susah bergerak jika di dalam air.

  1. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Gerakan-gerakan yang dilakukan sewaktu berenang dapat membantu sendi dan membuat tubuh tetap fleksibel. Dengan menggerakkan lengan, pinggul, kepala, dan tulang belakang, Anda dapat membuat tubuh Anda mulai dari kepala sampai kaki menjadi lebih fleksibel.

  1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga renang membakar kalori jauh lebih tinggi dengan olahraga lainnya. Jumlah kalori yang Anda bakar tergantung dari intensitas gerakan yang dilakukan. Namun umumnya, setiap 10 menit berenang menggunakan gaya kupu-kupu membakar sebesar 150 kalori. Jauh lebih tinggi dari berlari.

  1. Menyehatkan Jantung

Sama seperti latihan aerobik, berenang juga dapat memperkuat jantung dan membuat jantung lebih efisien dalam memompa darah agar dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh.

Berbagai studi dilakukan bahwa latihan renang dapat memerangi inflamasi dalam tubuh yang menjadi salah satu alasan utama penyebab penyakit jantung.

Menurut sebuah asosiasi di Amerika, American Heart Association, berolahraga renang selama 30 menit setiap harinya dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 30 sampai 40%. Selain itu, berenang secara rutin dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi pada tubuh.