Peninggalan Dinasti Mughal, Yuk Cari Tau Tentang Masjid Wazir Khan Lahore

Masjid Wazir Khan ada di kota Lahore, provinsi Punjab, Republik Islam Pakistan, kota yang sama juga dengan Masjid Badshahi (1671-1673) yang sudah di bahas dalam artikel terlebih dulu di situs (blog) ini. Jarak pada ke-2 masjid bersejarah ini cuma terpisah kurang lebih satu km. saja, tetapi Masjid Wazir Khan di bangun 36 th. lebih dahulu dibanding Masjid Badshahi.

Masjid tua serta bersejarah Pakistan satu ini populer dengan karya seni keramik bangunannya yang mengagumkan. Masjid ini jadi satu diantara bangunan yang mempermanis kota Lahore mulai sejak saat kekuasaan dinasti Mughal, hingga sampai dianalogikan sebagai tahi lalat yang mempermanis pipinya kota Lahore. Perlu saat tujuh th. untuk merampungkan pembangunan masjid ini, yang di bangun th. 1634-1635 semasa kekuasaan Raja Shah Jehan yang demikian termasyur dengan peninggalannya berbentuk bangunan Taj Mahal yang demikian melegenda.

Histori Pembangunan Masjid Wazir Khan

Kubah masjid murahMasjid Wazir Khan, masjid peninggalan dinasti Mughal, di bangun oleh Shaikh Ilm-ud-din Ansari pada th. 1634-1635, Shaikh Ilm-ud-din Ansari datang dari Chiniot, satu kota kecil di lokasi Punjab, saat itu beliau menjabat sebagai gubernur Lahore hingga th. 1639 dibawah kekuasaan Raja Shah Jehan. Shaikh Ilm-ud-din Ansari lebih di kenal oleh rakyat Lahore sebagai Nawab Wazir Khan. Kata Wazir dalam bhs urdu berarti Menteri. Itu penyebabnya masjid ini di kenal dengan nama Masjid Wazir Khan, mengabadikan namanya yang bangun masjid ini. Keseluruhnya sistem pembangunan masjid ini usai pada th. 1641.