Kenali Dulu Apa Itu UKM Sebelum Mengembangkan Bisnisnya

Bisnis UKM begitu banyak digandrungi oleh masyarakat dewasa ini. Ya, daripada susah-susah mencari kerja lebih baik mendirikan usaha sendiri yang keuntungannya jauh lebih besar jika usahanya berhasil.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mendirikan bisnis UKM. Meskipun awalnya akan merasa kesulitan dalam mencari pelanggan, namun seiring dengan berjalannya waktu, bisnis Anda akan lebih dikenal dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

Usaha kecil Menengah (UKM) juga sangat berperan penting bagi perekonomian Indonesia, dimana bisnis ini menyediakan lapangan kerja bagi pengangguran. Tak hanya itu saja, bisnis UKM juga telah berhasil menyelamatkan perekonomian Indonesia setelah terjadi krisis moneter pada tahun 1997 yang membuat perusahaan-perusahaan tidak bisa mengembangkan bisnisnya.

Hingga saat ini bisnis UKM masih memiliki peran besar dalam meningkatkan pendapatan daerah maupun negara. Ya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis ini sangat membantu masyarakat Indonesia agar lebih sejahtera dan tidak tergantung dengan orang lain.

Bisnis UKM adalah suatu bisnis yang berskala kecil dan didirikan berdasarkan dengan inisiatif dari seseorang. Banyak yang beranggapan bahwa bisnis ini hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Namun, kenyataannya hal tersebut tidak benar, pasalnya UKM dapat menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia dengan merekrut tenaga kerja secara besar-besaran. Hal inilah yang akan menurunkan tingkat kriminalitas di Indonesia terutama di wilayah ibu kota.

Kenali Dulu Apa Itu UKM Sebelum Mengembangkan Bisnisnya

Kenali Dulu Apa Itu UKM Sebelum Mengembangkan Bisnisnya

Keuntungan lain dari menjalankan bisnis UKM adalah dapat memandapatkan sumber daya alam yang potensial di wilayah tersebut yang mungkin saja belum dimanfaatkan secara maksimal. Setidaknya dengan mendirikan usaha kecil atau menengah Anda bisa mengukur kemampuan berbisnis dan juga mempelajari bagaimana caranya mengembangkan bisnis yang baik dan benar.

Usaha Kecil Menengah mengacu kepada usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih maksimal mencapai kurang lebih Rp200.000.000 (tidak termasuk bangunan dan tanah). Usaha ini termasuk ke dalam contoh badan usaha perseorangan yang dimiliki dan didirikan langsung oleh satu orang saja.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 99 tahun 1998 UKM adalah kegiatan ekonomi rakyat yang memiliki skala kecil dan bidang usahanya bersifat heterogen. Usaha yang seperti ini tentu perlu dilindungi oleh pemerintah untuk menghindari persaingan pasar yang tidak sehat.

Kelebihan usaha kecil dibandingkan dengan usaha besar adalah menggunakan strategi tersendiri dalam membuat produk yang akan dijual agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut, sehingga usaha Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Modal yang diperlukan untuk mendirikan usaha ini pun tidak terlalu besar, jadi Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menentukan sendiri bisnis yang akan digeluti sesuai dengan modal yang dimiliki.

Tak hanya cara mendirikan usaha dan modal saja yang Anda pikirkan. Pajak UMKM juga harus Anda pikirkan juga. Dimana pajak ini harus dibayarkan oleh Wajib Pajak yang mendirikan usaha kecil ataupun menengah.

Besarnya Pajak UKM tentu berbeda antara wirausahawan yang satu dengan yang lainnya. Yang menyebabkan perbedaan ini adalah omzet yang diperoleh badan usaha dalam satu bulannya. Semakin tinggi omzetnya tentu semakin tinggi pula Pajak UKM yang dibayarkannya.

Lalu, berapa besar prosentase pajak yang dikenakan untuk bisnis UKM? Besarnya hanya 1% dari omzet penjualan per bulan. Jadi, untuk menghitungnya sangatlah mudah, Anda tinggal mengalikan omzet penjualan dengan 1%. Nah, dengan begitu diketahuilah berapa besar Pajak UMKM yang dibayarkan oleh bisnis Anda.

Peran bisnis UKM memang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Namun, sebagai warga negara yang baik jangan lupa pula untuk taat dalam membayar pajak.

Apabila Anda membutuhkan platform untuk bisnis anda, jangan lupa untuk mengakses situs https://sleekr.co/. Sleekr akan membantu bisnis UKM Anda akan semakin berkembang.