Musik Dangdut Indonesia, Music Yang Universal Dan Terbuka

Dangdut merupakan salah satu jenis musik yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Sehingga tidaklah mengherankan jika ada pepatah mengatakan “Dangdut is the music of my country”. Hal ini dikarenakan musik yang satu ini lahir dan berkembang di Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara yang lain. Sejujurnya musik dangdut Indonesia itu awalnya merupakan musik melayu. Namun musik melayu tersebut dipengaruhi oleh beberapa jenis musik yang lainnya, bisa musik dari negara lain ataupun dari musik tradisional Indonesia, sehingga berkolaborasi menjadi musik dangdut seperti yang kita kenal sekarang ini.

Musik Dangdut Indonesia

Negara Yang Berpengaruh Terhadap Musik Dangdut Indonesia

Negara yang pertama adalah India. India memiliki jenis musiknya sendiri, yaitu musik yang kita kenal dengan nama Bollywood. Musik jenis inilah yang menjadi salah satu jenis musik yang memberikan warna pada musik dangdut. Hal ini ditandai dengan suara khas alat musik tabla yang mendentum. Tabla adalah alat musik seperti gendang namun memiliki bentuk yang agak bulat. Bunyi nada yang dihasilkan seperti gendang namun dengan suara yang khas dan menambah keindahan musik dangdut. Unsur lain yang sangat terlihat dari akulturasi musik India adalah dengan berbagai tema yang dipilih sebagai lirik dangdut seperti pada lagu ‘Boneka India’ yang dipolulerkan oleh Ellya Kadam.

Kemudian ada pula negara Arab. Unsur lain yang kental dalam mempengaruhi warna musik dangdut adalah musik Arab. Berbagai nuansa Arab dapat terlihat dari beberapa judul lagu. Selain dari itu nuansa Arab juga dapat dilihat dari beberapa alat musik khas arab yang lazim digunakan dalam musik dangdut seperti mandolin dan rebana.

Dangdut pun sangat terbuka pada pengaruh musik asli Indonesia. Tercatat beberapa jenis musik tradisional mempengaruhi warna musik dangdut, seperti keroncong yang melahirkan aliran congdut (keroncong dangdut), atauapun dangdut campur sari yang dipengaruhi oleh musik campur sari khas tradisional Jawa. Selain dari itu, saat ini tengah tren jenis musik dangdut baru yang disebut dangdut koplo. Dangdut koplo ini dipengaruhi musik yang berasal dari Jawa Timur dan telah populer di sana sejak dahulu.

Dangdut koplo menjadi sangat populer kerena lebih atraktif dengan beat yang bertempo cepat. Musik ini juga sangat energik dengan lirik dangdut yang sangat merakyat dan sangat mudah dicerna. Dangdut koplo ini memang banyak diminati masyarakat namun musik dangdut jenis ini juga memiliki banyak hal yang sangat disorot oleh masyarakat. Mulai dari goyangan yang dirasa kurang sopan dan sangat cenderung mengarah ke arah pornoaksi. Di sisi lain lirik lagu terbaru yang muncul akhir-akhir ini terkadang mengarah ke arah yang kurang sopan. Mungkin maksud dan tujuannya adalah untuk menghadirkan kesan jenaka, namun terkadang menggunakan kata yang kurang pantas. Terlepas dari sedikit kekurangan tersebut musik dangdut telah memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya di seluruh Indonesia.