5 Cara Mengatasi Migrain Sebelum Terjadi

Jika anda sesekali pernah mengalami migrain, artinya anda adalah salah satu orang yang beruntung dari sekian banyaknya penderita di dunia ini. Karena ada beberapa orang yang lebih sering mengalami sakit kepala sebelah dibanding anda dan menderita migrain kronis, yang disebut sebagai “migraineurs”. Jika anda termasuk ke dalam orang-orang yang kurang beruntung tersebut, maka anda akan merasakan betapa mengganggunya sakit kepala sebelah tersebut mempengaruhi kehidupan dan aktivitas anda sehari-hari. Oleh sebab itu, kita harus segera mencari cara untuk mengatasi migrain dengan segera.

Mengatasi Migrain

Jika anda adalah seorang migraineurs, maka akan lebih baik jika anda dapat mencegah sebelum sakit kepala tersebut muncul. Seorang spesialis obat sakit kepala bernama Jason B. Rosenberg, MD, yang juga seorang direktur dari Johns Hopkins Headache Center menyarankan para penderita untuk mengubah gaya hidup, mengkonsumsi suplemen, obat-obatan dan beberapa terapi untuk mengatasi migrain sebelum penyakit itu kambuh.

Pada dasarnya, sangat sulit dan hampir tidak bisa menghilangkan sakit kepala ketika sedang menyerang secara cepat, namun kita bisa mengurangi frekuensi datangnya sakit kepala tersebut. Dan berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasinya.

Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Kualitas tidur yang jelek merupakan salah satu penyebab migrain yang paling umum, serta kebiasan tidur yang buruk merupakan faktor yang dapat memunculkan resiko terkena migrain harian. Cobalah anda untuk tidur dan bangun di jam yang sama. Anda juga bisa membuat lingkungan kamar tidur anda lebih santai dengan penerangan yang sedikit gelap dan suasana yang tenang.

Hal yang terpenting adalah gunakan kasur anda hanya untuk tidur, alih-alih menggunakannya untuk aktivitas lain seperti nonton TV, membaca buku, atau mendengarkan musik. Juga anda bisa menghindari konsumsi makanan berat tepat sebelum tidur. Kebiasan-kebiasan semacam ini dapat membantu mengatur ritme sirkadian anda yang mencegah terkena migrain.

Lakukan Latihan Aerobik

Sebuah studi dalam jurnal Cephalalgia di tahun 2011 membandingkan berbagai jenis tekhnik pencegahan migrain, dimana menemukan bahwa olahraga yang teratur sama efektifnya dengan obat pencegah terkena serangan migrain. Para ilmuwan juga percaya dengan 40 menit latihan aerobik selama 3 kali seminggu dapat membantu pelepasan kimia perasaan baik seperti endorfin dan meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh, yang juga membantu mencegah terkenanya serangan sakit kepala.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Riboflavin

Riboflavin merupakan vitamin B yang terdapat dalam makanan seperti susu, daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau yang secara efektif mengupayakan pencegahan dan mengobati pasien dengan sakit kepala kronis. Sebuah studi yang dipulikasikan di European Journal of Neurology juga menemukan bahwa 400 mg dari riboflavin harian dapat menurunkan frekuensi terjadinya migrain.

Tambahkan Magnesium

Kebanyakan orang yang menderita migrain kronis setidaknya memiliki satu kesamaan, yaitu kekurangan magnesium, menurut riset yang dipublikasikan di NeuroSciences di tahun 2011. Cowan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen magnesium chelated, yaitu bentuk mineral yang meningkatkan penyerapan. Namun efek samping dari magnesium adalah dapat menyebabkan diare.

Dapatkan Terapi Suhu

Ini salah satu terapi yang sangat murah. Anda bisa mandi atau berendam air hangat dimana bisa menyingkirkan sakit kepala anda karena migrain. Dokter di Klinik Mayo mengatakan bahwa terapi suhu terkadang dapat mengatasi migrain pada gejala prodromal. Anda juga bisa melakukan kompres panas atau dingin pada kepala dan leher anda segera setelah anda merasakan migrain akan segera datang.

Meskipun belum ada banyak riset yang membahas tentang terapi suhu, tapi beberapa dokter percaya alasan dibalik dari terapi suhu ini dapat merileksasikan ketegangan otot yang berkonstribusi pada migrain. Banyak orang yang memilih melakukan kompres dingin yang dapat memperlambat konduksi saraf dan menurunkan aliran darah. Namun kompres panas atau hangat bisa merileksasikan otot anda dan meredakan migrain.