Sejarah Drum Secara Singkat

Sejarah Drum Secara Singkat – Drum adalah satu diantara instrumen tertua didunia. Instrumen ini sudah dipakai sebelumnya th. 6000 SM. Nyaris semuanya kebudayaan beragam belahan dunia mengetahui drum, terlebih kebudayaan Afrika. Dulu, bangsa Afrika memakai drum untuk bermain musik yakni untuk menemani tarian pada upacara kebiasaan, sinyal peringatan bahaya ataupun untuk memberikan instruksi pasukan untuk maju ke medan perang. Tetapi sudah pasti, memiliki bentuk tak sebaik serta selengkap drum saat saat ini. Untuk Anda yang sedang mencari informasi harga drum set murah anda bisa menyimak beberpa daftar harga di mesin pencarian google. Untuk memudahkan anda saat membeli alat musik drum.

drum

Drum

Awalannya drum cuma terbagi dalam tom-tom (sisi drum yang berupa seperti gendang). Ada invasi bangsa Eropa serta Timur tengah ke Afrika mengakibatkan drum makin di kenal serta makin berkembang serta terwujud snare drum (sisi drum yang beresonansi serta bertemura lebih tajam). Perubahan setelah itu th. 1500 M, Eropa coba menaklukan Amerika untuk membuat koloni baru. Bangsa Eropa membawa beberapa orang Afrika untuk diperdagangkan sebagai budak, hingga kebudayaan Eropa, Afrika, serta masyarakat Amerika sama-sama berbaur. Tetapi orang Afrika yang berkulit hitam tak bisa memainkan musik orang kulit putih. Oleh karenanya, mereka membuat drum set (seperangkat drum) dari drum Afrika yang mereka bawa untuk bermain musik. Baru pada era 20 beberapa orang Amerika mulai tertarik untuk pelajari drum, lalu drum juga makin berkembang sampai meraih bentuk seperti sekarang ini (drum akustik). Sekarang ini instrumen drum telah makin maju, bila saat ini telah ada gitar, piano, serta biola elektrik jadi drum juga telah ada yang elektrik, namun suaranya memanglah tak seindah drum akustik.

Bersamaan dengan perubahannya, sekarang ini makin banyak seniman yang pilih drum sebagai pegangannya dalam bermusik. Sebut saja ‘Safri Duo’ dengan drumnya bisa membuat permainan yang begitu inovatif serta tak kalah menarik dengan musik dari band komplit. Akira Jumbo seseorang Drummer no. 1 di Jepang yang membuat drum yang dapat menyebabkan suara, membuahkan bunyi seperti instrumen lain, serta dapat untuk memainkan satu komposisi lagu.

Drummer-drummer papan atas dunia, seperti lars Ulrich (Metallica), Mike Portnoy (Dream Theater), Dave Abruzzesse (Pearl Jam), dan lain-lain. Lantaran kepiawaianya sudah jadi lambang dagang untuk instrumen drum yang diperdagangkan didunia. Di Indonesia kita mengetahui beberapa nama seperti Jelly Tobing, Wong Aksan, Gilang Ramadhan, dan lain-lain (sebagai drummer handal). Bila menginginkan seperti mereka pastinya beberapa hal yang perlu dikerjakan dari mulai mengetahui bebrapa sisi drum, tahu posisi, serta langkah memainkan drum hingga mengerti notasi drum. Bila semua bisa dikerjakan dengan telaten serta ulet, tentu dapat seperti mereka.