Inilah 7 keajaiban manfaat daun sirsak

Daun sirsak saat ini sedang populer digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Karena mahalnya biaya untuk pengobatan medis, ditambah lagi rasa sakit dan efek negatif yang ditimbulkan banyak orang yang memilih beralih ke herbal. Dengan begitu daun sirsak menjadi salah satu pilihan untuk mengobati berbagai jenis penyakit secara alami.

manfaat daun sirsak

Karena tingginya permintaan akan daun sirsak, kini sudah ada dijual ekstrak daun sirsak dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di pasar. Jadi Anda yang ingin mengkonsumsinya tapi tidak mau repot bisa membelinya dengan mudah. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh? Berikut ini adalah 10 manfaat daun sirsak baik dengan meramunya sendiri ataupun dalam bentuk ekstrak.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sirsak dengan kandungan senyawa aktifnya mampu melindungi jantung dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu daun sirsak mampu memperlebar pembuluh darah sehingga akan meringankan kerja jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Penyakit kolesterol dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun dalam jumlah yang melebihi batas akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun sirsak juga ampuh mengatasi penyakit diabetes, karena dapat menurunkan gula darah sekaligus merangsang pembentukan insulin. Dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin, maka penyakit diabetes dapat diatasi.

4. Menghilangkan Bisul

Saat terdapat bisul di tubuh kita, rasa nyerinya akan membuat kita meringis dan merasa tidak nyaman. Untuk membantu mengempeskannya, kita bisa menggunakan daun sirsak yang telah dihaluskan dan ditempelkan pada bisul.

5. Menghambat Mutasi Gen

Mutasi gen akibat senyawa kimia dan radikal bebas akan mengakibatkan perkembangan sel yang tidak normal sehingga dapat memicu terjadinya kanker atau tumor. Ekstrak daun sirsak dapat mencegah terjadinya mutasi gen sehingga kita bisa terhindar dari penyakit berbahaya.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah meningkat apabila saluran pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga jantung memompa darah lebih keras dari biasanya. Hal tersebut mengakibatkan meningkatnya tekanan darah. Dengan air rebusan daun sirsak yang diminum setiap hari, maka tekanan darah akan kembali normal.

7. Sebagai Obat Cacing Alami

Jika Anda atau keluarga mengalami cacingan, cobalah menggunakan ramuan air rebusan daun sirsak. Daun sirsak akan membunuh cacing parasit dalam tubuh dan mencegah kita kembali cacingan.

Itulah 7 keajaiban khasiat daun sirsak yang mengagumkan. Jadi jangan sepele lagi dengan daun sirsak, karena manfaatnya sangat ampuh mengatasi berbagai gangguan kesehatan.