Beberapa Tahapan Kerja Alat Chemistry Analyzer

Chemistry Analyzer atau Autoanalyzer merupakan alat yang berfungsi untuk menganalisa secara otomatis kandungan air, mineral, logam, gas dan material biologis pada suatu larutan dengan teknik aliran khusus yang disebut analisis aliran kontinyu atau CFA. Alat ini ditemukan oleh seorang bernama Leonard Skeggs, PhD. pada tahun 1957 dan pertama kali dibuat oleh Corporation Technicon.

Daftar harga cehmistry analyzer terbaru

Dengan adanya alat Chemistry Analyzer ini sangat berpengaruh pada karakter pengujian kimia yang dilakukan sebuah laboratorium, karena jumlah sampel yang diolah mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu bisa mencapai ratusan sampel dalam sekali uji. Selain itu dengan Chemistry Analyzer juga bisa mengurangi resiko kesalahan yang sering terjadi pada analisis yang dilakukan secara manual. Didalam Autoanalyzer (Chemistry Analyzer) sendiri disematkan sebuah sistem sequensial multiple analysis supaya bisa menggantikan semua prosedur analisis manual pada laboratorium, rumah sakit maupun industri. 

Bagi anda yang sedang melakukan pengadaan alat chemistry analyzer untuk keperluan laboratorium klinik, rumah sakit maupun industri bisa membelinya di toko atau distributor alat laboratorium yang jual chemistry analyzer. Untuk informasi tipe dan daftar harga chemistry analyzer terbaru bisa anda tanyakan langsung ke pihak toko atau distributor. Atau bisa juga dilihat melalui website resmi mereka.

Pada penggunaan Chemistry Analyzer terdapat beberapa tipe operasi yang cukup menentukan bagaimana alat ini bisa bekerja yaitu ada continous flow, analisis sentrifugal dan analisis diskrit. 

CONTINOUS FLOW

Continous flow adalah aliran reagen pada setiap reaksi sampel yang bekerja secara terus menerus. Alat Chemistry Analyzer yang memakai tipe operasi ini akan mampu membuahkan hasil sekitar 40 sampel per jamnya dan bisa beroperasi secara serentak pada 6 sampai 12 hasil tes secara stimulan, hingga bisa melakukan 360 sampai 720 tes per jam. 

ANALISIS SENTRIFUGAL

Cara yang digunakan pada metode ini adalah mencampur antara sampel dengan reagen dengan menggunakan kekuatan sentrifugal yang ada. Kemudian akan dianalisis secara paralel memakai motor dan gaya sentrifugal. Gerak rotasi yang timbul akan dimanfaatkan untuk memindah kuvet lewat sistem optik.

ANALISIS DISKRIT

Pengujian sampel pada metode ini akan dilakukan secara terpisah, dimana akses akan dilakukan dengan random serta tidak teratur, dengan jalan mencampurkan reagen dan sampel pada wadah yang berbeda disetiap pengujiannya. Dalam metode ini bisa melakukan beberapa pengujian pada waktu yang sama atau melakukan satu pengujian untuk beberapa sampel secara bersamaan.

Dari semua tipe operasi diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa Chemistry Analyzer akan bekerja dalam beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Pertama adalah mengidentifikasi sampel.
  2. Kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan volume tertentu menggunakan tabung reaksi atau kuvet.
  3. Dilakukan penambahan reagen pada sampel.
  4. Melihat reaksi sampel dan melakukan pengukuran hasil reaksi tersebut.
  5. Hasil ditampilkan pada setiap parameter perhitungan yang berbeda.
  6. Dilakukan pembersihan alat supaya bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya.